BAB I KOMPUTERISASI SISTEM PENERIMAAN NASABAH BARU ASURANSI KEBAKARAN PADA PT. ASURANSI ARTARINDO JAKARTA”


BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Umum
Tidak ada satu orangpun yang dapat meramalkan apa yang akan terjadi dimasa yang akan datang secara sempurna, meskipun sudah menggunakan berbagai alat analisis. Setiap ramalan yang dilakukan tidak akan terlepas dari kesalahan perhitungan yang telah dilakukan. Penyebab melesetnya hasil ramalan karena dimasa yang akan datang penuh dengan ketidakpastian. Bahkan untuk hal-hal tertentu sama sekali tidak dapat diperhitungkan seperti maut dan rezeki. Jadi wajar jika terjadinya sesuatu dimasa yang akan datang hanya dapat direka-reka semata.
Musibah tersebut berdampak pada kehidupan manusia dan menyangkut kerugian keuangan. Sudah terbukti bahwa tindakan apapun yang diambil untuk mencegah kerugian dan bencana-bencana lainnya namun sejumlah tertentu kerugian tetap terjadi juga. Oleh karena itulah pentingnya fungsi perusahaan asuransi untuk mengambil alih risiko atas ketidakpastian yang dihadapi seseorang ataupun Badan Usaha, sehingga kerugian itu dapat dihindari atau diminimalkan.
Perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi apabila terjadi musibah atau kerugian. Begitu juga dengan PT. Asuransi Artarindo merupakan perusahaan asuransi yang bertujuan untuk memberikan perlindungan terhadap kemungkinan terjadinya kerugian. Dengan demikian akan semakin banyaknya masyarakat umum yang berminat untuk mengasuransikan harta benda mereka ke perusahaan asuransi. Calon nasabah yang semakin bertambah menyebabkan adanya peningkatan dalam penutupan polis asuransi
Sehubungan dengan hal tersebut maka penulis mengambil bidang administrasi untuk dijadikan bahan penulisan Tugas Akhir yang mengambil judul:
“KOMPUTERISASI SISTEM PENERIMAAN NASABAH BARU
ASURANSI KEBAKARAN PADA PT. ASURANSI ARTARINDO JAKARTA”
1.2. Maksud Dan Tujuan
a. Maksud
Maksud dari penulisan Tugas Akhir ini adalah:
1. Untuk menerapkan ilmu yang didapat dan secara tak langsung ingin memajukan sistem penerimaan nasabah pada perusahaan asuransi yang diriset sehingga membantu mempermudah bagian yang menangani tugas ini.
2. Mempelajari sistem penerimaan penerimaan nasabah baru agar dapat mengatasi permasalahan dalam sistem penerimaan tersebut yang selama ini dilakukan secara manual.
b. Tujuan
Tujuan dari penulisan laporan ini untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan pada Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Bina Sarana Informatika jenjang pendidikan Diploma III (tiga) Jurusan Manajemen Informatika.
1.3. Metode Penelitian
Untuk menjadikan laporan yang lebih sempurna penulis menempuh beberapa metode dalam penulisan laporan ini. Adapun metode itu adalah sebagai berikut :
a. Metode Observasi
Yaitu dengan melakukan pengamatan dan peninjauan secara langsung ke bagian yang berhubungan dengan kegiatan penerimaan nasabah asuransi untuk mendapatkan gambaran yang jelas mengenai proses pelaksanaan sistem yang berjalan dan untuk mengetahui permasalahan atau kendala yang ada.
b. Metode Wawancara
Dalam metode ini penulis melakukan wawancara atau konsultasi dengan bagian penerimaan nasabah. Hal ini penulis tempuh dengan maksud untuk lebih mengakuratkan data.
c. Metode Kepustakaan
Dengan menggunakan penelitian sumber-sumber yang ada diperpustakaan dan mempelajari kembali teori-teori yang diperoleh didalam bangku kuliah, hal ini dilakukan guna mendukung data yang telah didapat yang mengacu pada bidang-bidang yang berkaitan dengan objek riset yang ada hubungannya dengan penulisan tugas akhir ini.


1.4. Ruang Lingkup
Dalam menyusun penulisan tugas akhir ini, penulis membatasi dalam pembahasan mengenai penerimaan calon nasabah yaitu berkisar mengenai pada proses penerimaan data nasabah, proses analisa resiko dan pembuatan polis, serta proses pembuatan laporan.
1.5. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan Tugas Akhir ini terdiri dari lima bab, adapun garis besar kerangka penulisan adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini terdiri dari 5 (lima) sub bab menerangkan tentang pendahuluan, umum, maksud dan tujuan penulisan, metode penelitian yang dipakai penulis, ruang lingkup serta sistematika penulisannya.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini menjelaskan tentang konsep dasar dan peralatan pendukung yang digunakan dalam penulisan ini seperti pengertian system, definisi normalisasi dan tahapan normalisasi, tahapan diagram alir data dan kamus data sistem berjalan.
BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN
Bab ini berisi tentang sistem berjalan secara umum tinjauan terhadap perusahaan, struktur organisasi dan fungsi masing-masing jabatan, prosedur sistem berjalan, diagram alir data, kamus data sistem berjalan, spesifikasi bentuk dokumen masukan, dokumen keluaran, permasalahan dan alternatif pemecahan masalah.
BAB IV SISTEM RANCANGAN USULAN
Bab ini dijabarkan mengenai sistem usulan yang dibuat beserta diagram sistem usulan, prosedur sistem usulan beserta bentuk dokumen masukan dan bentuk dokumen keluaran, normalisasi file, spesifikasi file, struktur kode dan spesifikasi program, spesifikasi komputer yang terdiri dari umum, perangkat keras, perangkat lunak konfigurasi sistem komputer dan jadwal implementasi.
BAB V PENUTUP
Pada bab ini berisikan kesimpulan dari uraian-uraian terdahulu dan saran-saran yang diajukan dalam mengatasi masalah dalam perancangan tugas akhir ini.

Leave a Reply